Posted by : San Selasa, 08 Oktober 2013

Pengenalan Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar system global Transmision Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Konsep Internet 

Agar dapat mengenal internet lebih dalam dan tidak hanya mengetahui definisinya saja, maka saya akan menjelaskannya mulai dari hal yang paling dasar.

Network

Kebanyakan para pengguna PC menggunakan PC mereka sendiri tanpa menghubungkannya ke perangkat apapun selain Printer. Bagaimanapun juga, kita selalu dapat menghubungkan dua buah PC dengan sepotong kabel agar dapat saling berkomunikasi. (Biasanya hanya mentransfer data).
Sebagai intisari, ini adalah yang disebut sebagai jaringan – dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sepotong kabel. Hubungan di antara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.

LAN

Sangat masuk akal untuk membuat kelompok jaringan komputer dimana dapat berbagi beban kerja yang sama, seringkali untuk alasan finansial dan lainnya. Jaringan komputer dimaksudkan bahwa orang  yang menggunakannya dapat berbagi file secara mudah, saling berkirim pesan, dan saring berbagi printer. Ide ini kemudian dikembangkan sebagai LAN. LAN bisa dalam bentuk kecil seperti hanya dalam lingkungan kantor, atau seluruh kota.


WAN

Dalam beberapa kasus, organisasi tersebar di beberapa area yang luas, dan kemampuan LAN tidak mumpuni untuk melakukan tugas komputasi. Dalam keadaan ini, komputer dapat dihubungkan dengan jaringan yang lebih luas yaitu WAN. Perbedaan antara WAN dengan LAN tidak hanya dari segi jarak, tapi juga mengacu ke teknologi. Dengan LAN kita akan mendapat jaringan yang lebih cepat daripada kita memakai WAN.

LAN dengan WAN tidak bekerja sendiri masing-masing, faktanya mereka bergabung bersama dengan sangat baik. Beberapa perusahaan memiliki keduanya, dimana WAN menghubungkan bagian-bagian dari LAN.

Jika kita mengambil sebagian kecil prinsip, jaringan tergabung membentuk jaringan yang besar, yang mana akan tergabung menjadi jaringan yang lebih besar dan seterusnya, sekarang kita mendapatkan gambaran apa internet itu. Secara fisik, internet hanya sekumpulan LAN dan WAN yang telah tergabung dalam level nasional maupun internasional.
Bagaimanapun, internet lebih dari itu. Internet tidak hanya untaian kabel, tapi juga bagaimana informasi terkirim dari satu komputer ke komputer lain. Ambil contoh seperti membuat rute perjalanan. Jika kita mengantar seseorang dalam mobil ke suatu tempat, kita tidak bisa melakukan salah satu dari kedua hal ini :
  •  Memberikan mereka detail tertulis yang rinci mengenai bagaimana untuk sampai ke tujuan mereka. Sebab mereka tidak punya cara lain menemukan jalan mereka, mereka akan tetap pada instruksi yang kita berikan meskipun mereka dapat melihat perbaikan jalan di depan.
  • Memberikan mereka peta dan biarkan mereka menemukan jalan mereka sendiri. Jika terdapat  perbaikan jalan, atau semacam blokade lainnya maka mereka dapat juga membaca peta dan mencari jalan baru, atau mengikuti tanda pengalihan jalan.


Informasi dalam jaringan sebenarnya bekerja layaknya metode pertama. Dia telah diberikan instruksi yang rinci tentang bagaimana mencapai tujuannya. Bagaimanapun, jika terdapat hambatan, katakanlah komputer dimatikan, perjalanan informasi juga tertunda sampai hambatan itu selesai. Sekarang informasi lebih pintar dan dapat mencari jalannya sendiri, jadi jika terdapat hambatan dia akan mencoba dan melalui beberapa jalan lain. Itu semua lebih cerdas, dan telah diciptakan oleh Industri Pertahanan Amerika yang bertanya “Jika seseorang menjatuhkan bom yang sangat besar pada jaringan komputer kita, apakah itu masih akan berfungsi?”. Kecerdasan pertukaran informasi sekarang dapat melakukannya.




Referensi :
An introduction to the Internet, Internet concepts, the programs necessary to use the Internet and how to connect to the Internet. - Edition : 3.0 – Information Systems Services University of Leed.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -